Find anything on DBL Indonesia

ALL SOUTH REGION FINAL

dblindonesia.com - 16 November 2018 REBOUND: Kapten SMAN 28 Jakarta Sophia Rebecca Adventa (kanan) berebut bola dengan para pemain SMAN 71 Jakarta, kemarin.

DKI JAKARTA- Status sebagai penguasa alias ratunya Ibu Kota musim ini dapat dipastikan milik Jakarta Selatan. Itu terjadi karena dua wakil dari South Region, berhasil memastikan tiket melaju ke final party  Honda DBL DKI Jakarta Championship Series 2018, yang akan digelar Sabtu besok (17/11).

All South Region Final tak terhindarkan, menyusul keberhasilan SMAN 28 dan SMAN 3 menundukkan lawannya masing-masing, dalam semifinal yang berlangsung di GOR Soemantri, Kamis (15/11) kemarin. Berstatus sebagai juara South Region, SMAN 28 terlebih dahulu memastikan tiket ke puncak, usai menundukkan SMAN 71 (juara East Region) dengan skor 43-18.

Tak mau ketinggalan, putri SMAN 3 yang berstatus runner-up South Region juga berhasil memuluskan langkah. Putri Teladan (julukan SMAN 3) sukses menyudahi perlawanan runner-up East Region, SMAN 36 dengan skor 42-31.

Menyusul terjadinya All South Region Final, berarti terbuka pula kesempatan bagi SMAN 3 untuk melakukan revans alias balas dendam terhadap SMAN 28. Sebagai catatan, kedua tim bertemu pada final party South Region, 20 Oktober lalu. Dan hasilnya saat itu SMAN 28 yang keluar sebagai pemenangnya.

SMAN 28 sendiri makin menunjukkan keperkasaanya selepas menjadi champion di South Region. Sophia Rebecca Adventa dkk menjadi satu-satunya tim putri yang belum pernah sekalipun menelan kekalahan pada Honda DBL DKI Jakarta Championship Series 2018. Perjalanan tim asal Pasar Minggu tersebut sangat mulus, melibas lawan-lawannya pada persaingan putri Grup A.

SMAN 28 memiliki efektifitas Field Goals (FG) yang garang. Tercatat dalam statistik kemarin saat berjumpa Sapta Eka, semifinalis Honda DBL DKI Jakarta tiga tahun silam itu mampu membukukan FG sebesar 36%. Selain itu salah satu pemainnya,  Shabrina Shalhan tampil sangar.  Pemain berposisi guard tersebut menyuguhkan poin terbanyak untuk timnya. Total 16 poin berhasil dia bukukan pada pertandingan kemarin.

Sang pelatih, coach Syafiq Ali Barawas merasa bangga anak-anaknya dapat bermain dengan maksimal. Dirinya puas dengan starting lineup maupun second teamnya. “Anak-anak Teladan (julukan SMAN 3) tentu akan bermain ngotot. Mereka pasti ingin balas dendam kekalahan di South Region. Komposisi tim mereka yang lebih dalam tentunya akan sangat merepotkan. Sehingga semua pemain harus benar-benar sigap saat meladeni mereka di final nanti,” jelasnya.

Efektifitas bermain yang tinggi juga diperlihatkan anak-anak Teladan, saat mereka menghempaskan SMAN 36. Permainan pass to pass yang tenang diperlihatkan sepanjang laga. Total rebound mereka pun mencapai 56,5% kala berduel udara dengan pemain SMAN 36. Tim polesan Jacky Ignatius Hatta itu mampu mendominasi dan membuat jarak poin yang sangat jauh tiap kuarternya.

 

Dua pemain andalan Teladan tampil cemerlang pada laga penuh emosional kemarin. Jofinka Putri Bandini mampu membukukan double-double dengan 12 poin dan 14 rebound. Sementara Zefanya Angelina Risdianto menjadi penoreh poin terbanyak untuk timnya, dengan kontribusi 19 poin.

 

Keberhasilan ini makin mengukuhkan Teladan sebagai tim yang paling banyak menembus final Honda DBL DKI Jakarta Series. Ini bakal menjadi penampilan keenam tim putriTeladan pada babak puncak kompetisi basket pelajar terbesar tanah air seri Ibu Kota. Sebelumnya, putri Teladan berhasil menembus final masing-masing pada edisi 2012, 2013, 2014, 2016, dan 2017. Tiga dari lima penampilan di final itu berujung pada gelar champion (2013, 2014, dan 2016).

“Tentu kami ingin menang. Walau kami sempat kalah dari mereka (pada final South Region). Namun, semua akan berbeda di final nanti,” pungkas Jacky Ignatius Hatta, pelatih Teladan usai pertandingan. (*)


STORY PROVIDED BY WARTA KOTA

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments