Find anything on DBL Indonesia

Bisa Dicontoh, Sistem Pendidikan Negara Ini Jadi Terbaik di Dunia

dblindonesia.com - 6 May 2017

GAYA pendidikan di Indonesia memang sering dibandingkan dengan Negara lainnya. Padahal, Indonesia juga punya generasi muda yang jadi influence dunia. Tapi, ada beberapa sistem pendidikan dunia yang bisa dicontoh Indonesia agar lebih baik. Apa aja?? Read on!

Jam Belajar di Finlandia

Kebanyakan sekolah di Indonesia menerapkan konsep full day school. Beda dengan sistem belajar di Finlandia yang mewajibkan waktu belajar cukup dengan 4-5 jam aja. Negara dengan pendidikan terbaik sedunia tersebut juga punya rumus istirahat 15 menit setelah belajar satu jam.

Selama istirahat tersebut, mereka bebas melakukan apa aja dan diperbolehkan bermain sesukanya. Ini ngebuat otak mereka lebih fresh, dan mudah menerima materi pelajaran selanjutnya. Nggak heran kalau jumlah waktu belajar anak-anak di Finlandia 80%, sisanya digunakan untuk bermain.

Disiplin Sekolah di Jepang

Jepang punya cara menerapkan kedisiplinan yang cukup menarik. Yakni siswa di Jepang diwajibkan membersihkan ruang kelas dan kamar mandi, semacam jadwal piket gitu, deh. Setiap tahun kelompok tersebut dirombak, bergilir menyapu, mengelap kaca, sampai menggosok WC.

Di sana, kalian nggak akan menemukan tukang bersih-bersih lingkungan sekolah. Tujuannya untuk mengajarkan siswanya belajar bekerja sama, dan rasa tanggung jawab merawat fasilitas sekolah. Tuh, pendidikan nggak melulu soal nilai sempurna di rapor.

Pendidikan Gratis di Amerika Serikat

Di Indonesia, biaya sekolah selalu jadi faktor terpenting masalah pendidikan. Banyak orang tua yang berbondong-bondong memasukkan anaknya di sekolah negeri untuk dapat biaya murah dibanding sekolah swasta.

Berbeda dengan sistem pendidikan di US, mereka membebaskan biaya sekolah public ataupun private school. Apalagi di AS sudah mulai muncul gerakan memperjuangkan pendidikan bebas biaya untuk perguruan tinggi negeri.

Penerapan Praktik di Hongkong

Sistem pendidikan yang diterapkan di Hongkong sangat kompetitif, mereka mengedepankan kualitas pengajar. Inggris menjadi panutan Hongkong dalam membentuk system pendidikan. Yang mana lebih berorientasi pada praktik dan kemampuan interpersonal. Keahlian praktik ini diterapkan agar murid di Sekolah terbiasa melakukan praktik sampai ke jenjang pekerjaan.

Di sisi lain, pengalaman yang didapat lebih banyak ketimbang hanya menyimak materi teori. Dengan begitu, murid-murid jadi mandiri dan bisa belajar secara otodidak. (fri/nay)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments