Find anything on DBL Indonesia

Cara Cepat Atasi Cedera Basket dengan Sports Injury Handling

dblindonesia.com - 20 April 2017 Salah satu penanganan cedera dengan memasang tape ditempat cedera. (Foto: Dika Kawengian / Jawa Pos)

MENJADI atlet  memang rentan dengan  yang namanya cedera. Setuju ga DBL Lovers? Baik itu traumatic injury (cedera langsung) ataupun overuse injury (cedera tidak langsung), para atlet kudu siap mendapatkan cedera yang sewaktu-waktu bisa menyerang.

Biasanya cedera yang paling sering dialami adalah ankle, lutut, dan tangan. Nah, Ulfa Noviyana, fisoterapis dari DBL Academy akan menjawab penanganan pertama yang paling tepat saat mengalami cedera. Simak nih tips sports injury handling dari Ulfa!

Lakukan Pendinginan

Cedera yang dialami biasanya akan menyebabkan nyeri dan timbulnya bengkak pada tubuh. Kalo udah kayak gini, wajib buat istirahat! Nah, setelah itu barulah kompres dengan cold ice secepatnya untuk mengurangi rasa sakit.

Kamu bisa pakai es yang dimasukkan dalam plastik atau menggunakan ice bag. Bisa juga pakai handuk yang direndam dalam air es terlebih dahulu. Tujuannya, untuk menyempitkan pembuluh darah yang melebar, sehingga mengurangi bengkak.

Balutkan dengan Tape

Siapkan kinesiotape untuk menekan bagian yang cedera untuk mengurangi pembengkakan. Cukup meliputi seluruh area yang terkena cedera saja. Eits, jangan dililitkan terlalu rapat guys, karena bisa menimbulkan rasa baal alias mati rasa, kesemutan, dan meningkatnya rasa nyeri. Biasanya ditimbulkan dengan gejala kesemutan dan meningkatnya rasa nyeri. Aplikasikan lilitan ini terus-menerus, dan lepas lilitan saat menjelang tidur.

Elevation

Kamu bisa lakuin elevasi dengan cara mengangkat bagian yang cedera lebih tinggi dari jantung. Misalnya, ketika cedera bagian ankle, sebaiknya ganjal kaki dengan bantal saat tidur. Hal itu dapat membantu mendorong cairan keluar dari daerah pembengkakan. Elevasi sebaiknya dilakukan sampai pembengkakan menghilang.

Rujukan

Jika cedera yang kamu alami cukup parah, langsung lakukan rujukan ke fisioterapi. Cedera akan didiagnosa dan mendapatkan treatmen program dari fisioterapi. Hindari pemijatan atau urut sebelum diketahui cedera secara pasti. Sebab, pemijatan yang nggak sesuai prosedur malah memperparah cedera.

Itu dia guys, kiat-kiat gimana caranya kamu menghadapi cedera yang biasa melanda anak basket. So, berbagai cedera yang nantinya akan kamu dapetin bukan jadi alesan kamu takut berlatih basket ya DBL Lovers!

Kamu bisa bekalin skill basketmu dengan ikutan Mini Camp dari DBL Academy yang akan di gelar mulai 19 -21 Mei mendatang. Jangan khawatir guys, disana bakalan lengkap mulai dari skill development hingga nutrition class dan sports injury class. Kuy buruan daftar! (fri/nay)

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments