Find anything on DBL Indonesia

Cedera Waktu Main Basket? Lakukan Penanganan Ini

dblindonesia.com - 6 April 2018

Oleh: Fitri Ardini Nuranisa, fisioterapi DBL Academy

Dalam bermain basket, cedera adalah hal yang biasa terjadi. Misalnya cedera angkle atau lutut yang terkilir. Sekalipun ringan, tapi aku lihat nggak jarang ada pemain yang masih bingung apa yang harus dilakukan ketika dia mengalami hal-hal tersebut.

Sedihnya, penanganan cedera ringan yang nggak tepat malah bisa memperburuk kondisi. Nah, biar kamu nggak memperparah cederamu, lakukan POLICE yuk!

Eits, POLICE disini bukan berarti polisi ya, hehe. Tapi singkatan dari Protect, Optimum Loading, Ice, Compression, dan Elevation (POLICE). Biar makin jelas, simak penjelasannya di bawah ini.

Protect

Makna dari protect emang melindungi. Jadi, kamu harus menjaga gerakan supaya nggak mengakibatkan cedera lebih parah. Misal, kalau kamu lagi cedera ankle. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah berhenti bermain. Jaga ankle untuk nggak membuat gerakan yang berlebih. Jadi, jangan memaksakan keadaan tubuhmu ya. Kalau cedera, you better take a rest for a moment!

Optimum Loading

Setelah istirahat beberapa saat dan cederamu dirasa udah cukup baik (nggak terlalu sakit), mulailah gerakan ringan secara perlahan dan halus pada bagian yang bermasalah. Jangan langsung melakukan gerakan yang berat loh ya, karena itu mungkin bisa bikin cederamu semakin serius.

Ice & Compression

Langkah berikutnya yang harus kamu lakukan adalah mencari air dingin atau es batu. Yes, segeralah kompres dingin bagian tubuhmu yang cedera selama 10-15 menit. Jangan dipijat ya! Karena justru bisa memperparah cedera. Selain melakukan kompres, untuk mengurangi nyeri, bengkak, dan menjaga stabilisasi, kamu juga bisa menggunakan tapping pada bagian tubuh yang cedera.  

Elevation

Nah, saat terjadi pembengkakan, bagian tubuh yang mengalami cedera harus diposisikan lebih tinggi dari jantung. Misal yang cedera adalah bagian lutut, maka lutut harus diangkat agar posisinya lebih tinggi dari jantung.

Itu tadi penjelasan dari POLICE, tips yang bisa kamu lakukan ketika kamu mengalami cedera. Tapi jangan lupa juga untuk segera pergi ke fisioterapis terdekat, agar kamu mendapatkan penanganan profesional, sehingga cederamu bisa pulih secara optimal.

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments