Find anything on DBL Indonesia

Free Trow Selamatkan SMKN 1

dblindonesia.com - 28 July 2009

Menang Setengah Bola, Lolos ke Big Eight

SAMARINDA – Dramatis! Begitulah gambaran pertandingan antara tim basket putra SMKN 1 Samarinda versus SMA Katolik Samarinda di arena Honda-DBL-Kaltim Post, Senin (27/7) kemarin.

Adu strategi, fisik dan mental bertanding dua sekolah asal Kota Tepian ini menjadi sajian menarik dan mendebarkan.
Jantung ribuan penonton yang memadati ruangan GOR Segiri Samarinda, seolah dipompa dan terasa berdetak cepat.

Apalagi, kemenangan yang digenggam anak asuh Anton Salim ini berkesudahan dengan menang tipis setengah bola, 32-33.
SMKN 1 Samarinda diselamatkan dengan tembakan bebas tiga angka (free trow) atas kesalahan pemain SMA Katolik.SMAN 1 pun lolos ke delapan besar (big eight).

Permainan tim SMA Katolik yang dipimpin Irwan Wongkojoyo (kapten tim SMA Katolik) yang menempati posisi power forward, sebenarnya mampu membuat SMKN 1 Samarinda kelimpungan. Apalagi, sejak quarter I hingga IV, permainan menyerang (offense) yang diperagakan Boas (Play maker), David (Shooting Guard), Dhani (Power Forward) dan Halim (Center) juga mampu membuat SMA Katolik mendulang angka dengan cepat.

Di detik 25 quarter IV, SMA Katholik memimpin dengan skor 32-30. Strategi pun coba diubah tim SMKN 1 Samarinda. Taktik zone defense dan zone offense terbukti ampuh membangkitkan semangat pemain SMKN 1 Samarinda di detik terakhir.

Para pemain SMA Katholik kehilangan konsentrasi bertanding di 15 detik terakhir. Akibatnya, pelanggaran demi pelanggaran yang seharusnya tak terjadi menjadi bomerang bagi tim sekolah di Jl WR Supratman ini.

Puncak dari kesalahan itu akhirnya terjadi di 3 detik terakhir. Pelanggaran yang dilakukan pemain SMA Katholik berbuah fatal. Lemparan bebas 3 angka untuk SMKN 1 Samarinda tak disia-siakan pemain center mereka, Gunawan selaku eksekutor.

Skor pun berubah menjadi 32-33. Ditemui usai pertandingan, pelatih SMKN 1 Samarinda Anton Salim mengaku, kemenangan yang diraih timnya bisa dikatakan merupakan sebuah keberuntungan (lucky). “Ini benar-benar pertandingan yang paling berat.

Padahal kami sudah ketinggalan 2 poin. Beruntung kami memiliki pemain seperti Gunawan yang menjadi bintang di pertandingan kedua kami ini,” urai Anton. Selain itu, Anton juga memuji komposisi pemain yang dimiliki tim basket SMA Katolik.

“Mereka punya pemain bagus yang merata di pemain inti dan cadangan. Hal ini tentu berbeda dengan tim kami yang hanya mengandalkan Gunawan sebagai ujung tombak tim,” terang Anton.

Sementara, pelatih SMA Katolik Samarinda Fendi Halim mengatakan para pemain cukup tampil maksimal di laga 8 besar Honda DBL-Kaltim Post 2009 kemarin.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa kelemahan timnya di quarter IV terletak pada emosi bertanding para pemain. ”Para pemain cukup bagus. Cuma permainan mereka saja yang panas di quarter terkahir,” ujarnya.

Ditanya soal eksresi kekecewaan para pemain usai dikalahkan SMKN 1 Samarinda dengan skor tipis, Fendi mengatakan, hal itu sangat wajar mengingat kompetisi Honda DBL-Kaltim Post digelar dengan sistem gugur. “Saya kira itu wajar. Begitulah mental juara. Harus ditempa terlebih dulu,” pungkasnya (fr)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments