Find anything on DBL Indonesia

Jangan Ngaku Anak Basket Kalau 5 Nilai Pancasila Ini Belum Diterapkan

dblindonesia.com - 1 June 2017 Tim Warriors Indonesia berhasil kawin gelar dalam turnamen Holiday Hoops Challenge 2016 di Cyberjaya, Kuala Lumpur, Malaysia. (Dok: DBL Academy)

SELAMAT hari kelahiran Pancasila DBL Lovers! Tanggal 1 Juni diperingati seluruh penduduk Indonesia dalam rangka hari lahir dasar Negara kita. Yuk, tunjukkan rasa nasionalisme kalian lewat cara-cara di bawah ini. Kalian anak basket jangan mau kalah, ya!

 

Percaya Keyakinan Masing-masing

Hal itu membuktikan kalau anak basket juga religious. Buktinya, sebelum memulai pertandingan, masing-masing tim berdoa terlebih dahulu. Memohon agar timnya diberi kemudahan mencapai kemenangan sampai akhir laga. Tentunya dengan keyakinan mereka masing-masing. Nilai tersebut ada dalam sila pertama yang mencerminkan bahwa Indonesia adalah bangsa beragama, bukan bangsa atheis.

           

Nggak Pilih-pilih Temen

As we know, anak basket dilatih keras untuk selalu kompak dalam timnya. Saat mengatur pola serangan, abas tentu nggak bisa bekerja sendiri dong. Ternyata, didikan itu nggak hanya diterapkan saat di lapangan saja. Dalam kehidupan sehari-hari pun mereka masih menerapkan hal itu. Sama seperti sila pertama yang mengajarkan untuk nggak rasis, dan mau berteman dengan siapa aja.

 

Meski Kalah, Tetap Sportive

Meskipun sudah berjuang habis-habisan membela timnya, keberuntungan tetap berpihak pada tim lawan. It’s okay, namanya juga pertandingan. Tentunya anak basket tetap menghormati lawan dan berusaha memperbaiki kesalahannya di laga selanjutnya. Prinsip sportivitas ini udah melekat pada seorang atlet, apalagi dalam olahraga basket.

 

Nilai Keadilan

Nggak hanya dituntut skill, saat di lapangan anak basket wajib berlaku adil. Sebenarnya menerapkan nilai keadilan nggak hanya berlaku untuk pemain saja. Sama halnya bagi coach dan wasit yang berperan penting dalam memimpin jalannya pertandingan.

 

Membanggakan Bangsa dengan Olahraga

Berbanggalah kalian para anak basket. Secara nggak langsung, kalian membawa nama bangsa Indonesia lewat pertandingan tingkat nasional maupun internasional. Saat membawa pulang kemenangan, bukan hanya bikin bangga diri sendiri dan keluarga, tapi seisi Indonesia juga menjadi pendukung kita. (fri/nay)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments