Find anything on DBL Indonesia

Tips Dribble yang Stabil dan Sulit di Steal!

dblindonesia.com - 28 March 2018

Oleh: Nuke Tri Saputra

Shooting, passing dan dribbling. Sebagai pemain basket, aku sadar betul kalau tiga hal ini benar-benar harus dikuasai dengan baik. Sayangnya, seringkali aku lihat masih ada beberapa pemain basket yang menyepelekan tiga hal ini, khususnya dribbling.

Maka dari itu, biarpun kelihatan gampang dan sepele, latihan dribble perlu dilakukan secara intens dan rutin. Apalagi, bentar lagi musim baru Honda DBL akan dimulai. Biar kalian nggak salah teknis dalam mendribble bola, nih aku kasih beberapa tips dribble yang bisa kalian praktekin!

Pastikan Posisi Bola Nggak Terlalu Tinggi

Dalam dribble, hal utama yang harus kalian perhatikan adalah posisi bola saat dribbling. Karena, posisi yang terlalu tinggi ataupun terlalu rendah akan membuat permainan nggak bagus. Posisi bola yang ideal saat men-dribble adalah sebatas pinggang.

Saat dribbling, sebisa mungkin tarik bola hingga ke posisi dekat pinggang. Faktanya, selain posisi ini merupakan posisi ideal, men-dribble bola di dekat pinggang juga bisa membuat bola tidak mudah di-steal atau dicuri oleh tim lawan.

Posisi Kaki Harus Berlawanan

Selain posisi bola, posisi kaki juga perlu diperhatikan. Idealnya, saat dribble, satu kaki harus berada di depan kaki yang lain. Sedangkan, posisi kaki yang di depan harus berlawanan dengan sisi di mana bola memantul.

Misalnya, ketika bola memantul di sisi kanan, kaki yg maju kedepan adalah kaki kiri. Sehingga ketika bola itu memantul dan ditarik ke dekat pinggang, otomatis kaki yang akan melangkah adalah kaki kanan. Begitu pula sebaliknya.

Perhatikan Postur Tubuh

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan kalau kalian ingin aksi dribble yang sempurna, yaitu posisi tubuh. Biarpun keliatan nggak penting, posisi tubuh yang salah juga akan membuat kalian merasa nggak nyaman saat dribble.

Untuk posisi tubuh, pastikan untuk tidak terlalu membungkuk, tapi juga tidak terlalu tegak. Tumpuan kaki berada pada bagian depan kaki dan bukan di bagian tumit. Hal ini akan membuat posisi tubuh lebih balance. Jika tumpuan berada pada tumit, tubuh akan cenderung tidak balance ketika mendapat dorongan. Selain itu, saat mendribble, pandangan juga harus fokus dan lurus ke depan.

 

*Nuke Tri Saputra adalah pemain basket professional. Saat ini dia bermain untuk tim Pacific Caesar Surabaya. Nuke pernah menjadi anggota tim Honda DBL Indonesia All Star tahun 2012, Tim Nasional Indonesia U-16 SEABA 2011, MVP Honda DBL Central Java Series 2012, MVP 2013-2014 Liga Mahasiswa Jawa Tengah DIY, Top Scorer Liga Mahasiswa Nasional 2013-2014, MVP 2014-2015 Liga Mahasiswa Jawa Tengah DIY, Top Scorer & Top Stealer Liga Mahasiswa Nasional 2015-2016, dan Most Improved Player Indonesian Basketball League (IBL) 2017-2018.

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments