Find anything on DBL Indonesia

Juara Baru Putra di Manado

dblindonesia.com - 19 February 2012

Penantian panjang tim basket putra Manado International School (MIS) untuk menjadi juara kompetisi basket pelajar terbesar di Indonesia, Honda Development Basketball League (DBL) 2012 East Java Series-North Region, akhirnya terbayar lunas.

Di final party yang berlangsung di hall B GOR Wolter Mongisidi KONI Sario, Manado, kemarin (18/2), MIS sukses merebut gelar champion putra untuk kali pertama setelah mengalahkan juara bertahan Benzar, sebutan SMA Eben Haezer Manado, dengan skor 73-38.

Hasil tersebut sekaligus memumpus harapan Benzar mengulang pencapain di Honda DBL 2011 dengan mengawinkan juara putra dan putri. Di pertandingan pertama, tim putri Benzar sukses mempertahankan gelar champion setelah menyudahi perlawanan SMAN 1 Manado dengan skor 68-34.

Bagi MIS, gelar juara tersebut sekaligus menjadi revans atas Benzar yang mengalahkan mereka di final Honda DBL 2011 seri Sulawesi Utara. Tak mengherangkan, seluruh pemain dan suporter MIS langsung menyambut raihan tersebut dengan emosional. Bahkan, beberapa pemain MIS sampai berlinang air mata.

'Terima kasih kepada Tuhan. Kerja keras anak-anak selama ini akhirnya berbuah manis. Sungguh sebuah kebanggaan yang tidak ternilai harganya sehingga bisa menjadi champion di kejuaraan sekelas Honda DBL,' ungkap Pangkey, pelatih MIS.

Sementara itu, kemarin juga berlangsung opening party Honda DBL 2012 seri Sumatera Utara. Tahun ketiga hadir di Sumatera Utara, Honda DBL 2012 diselenggarakan kali pertama di GOR Samudera Sport Club, Jalan Pancing, Medan. Seperti tahun-tahun sebelumnya dan mirip dengan di kota-kota lain, pembukaan kemarin (18/2) berlangsung heboh.

Lebih dari 2.500 penonton bergantian menyaksikan tiga pertandingan pembukaan. Bagi para pelatih dan pemain basket, ajang itu adalah yang paling ditunggu. Apalagi, kompetisi-kompetisi pelajar lain tiba-tiba tidak ada lagi, atau pamornya menurun.

'Belakangan banyak pihak bilang ada penurunan jumlah kompetisi di Medan. Juga menurunnya kualitas regenerasi pemain di sini. Karena itu, sebagai ajang yang dianggap paling besar, DBL punya tanggung jawab untuk terus menjaga gairah basket di sini. Harus terus ada, harus terus berupaya untuk bekerja bersama semua yang terlibat untuk mengembangkan kompetisi di sini,' kata Azrul Ananda, commissioner DBL, di Medan kemarin.

Apalagi, lanjut Azrul, setiap tahun ada saja pemain dari Sumut yang terpilih masuk DBL Indonesia All-Star atau Selection, belajar dan bertanding di Amerika Serikat atau Australia. 'Semoga tradisi itu bisa terus berlanjut,' harapnya.

Suwandi, manajer tim SMA Sutomo 1 Medan, membenarkan pentingnya Honda DBL untuk menjaga gairah basket di Medan. Dia bahkan menyebut ini sebagai event yang wajib diikuti, di tengah-tengah minimnya kompetisi basket di Sumut. 'Ini jelas menambah jam terbang para pemain. Jadi wajar jika peserta membeludak,' ujarnya.

Di laga pembukaan kemarin, unggulan juara putri, SMA Wahidin Medan, menang telak atas SMA Methodist 2 Medan dengan skor 21-8. Honda DBL 2012 seri Sumut diikuti lebih dari 30 tim, diselenggarakan hingga 25 Februari mendatang. (saz/jpnn)

Story Provided by Jawa Pos

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments