Find anything on DBL Indonesia

Pengen Punya Supporter Kompak? Cara Ini Bisa Kalian Tiru!

dblindonesia.com - 11 April 2017 Gimana ya caranya biar suporter bisa kompak bikin koreo kayak gini? (Foto: dok DBL Indonesia)

SIAPA sangka, ternyata dibalik solidaritas tinggi mereka di tribun, jajaran supporter ini punya organisasi yang terstruktur. Selain puluhan chant yang sudah disiapkan, dukungan mereka juga divisualisasikan lewat 2D maupun 3D sampai mozaik.

That’s why, nggak jarang mereka menuai aksi yang memukau berkat kerjasama tim yang tertata. Apalagi sampai bikin penonton merinding, dan lebih menikmati perform para supporter. Hmm gimana ya mereka bisa mengatur supporter sebanyak itu dengan baik?

SMAN 9 Surabaya

Organisasi yang dibentuk rupanya memang sengaja dibuat untuk mengatur kegiatan mereka, Songomania (SMAN 9 Surabaya) misalnya. Suporter yang sukses menghijaukan tribun tersebut nggak hanya punya ketua dan koor lapangan saja. Mereka mempunyai divisi yang masing-masing dibagi secara khusus.

Tak jarang tiap tahunnya mereka menciptakan chat-chant baru yang didedikasikan untuk timnya saat berlaga. Berkat loyalitasnya tersebut, Songomania pernah diundang diacara resmi launcing Zetizen Goes to NZ, yang dihadiri perdana menteri New Zealand, lho.

Ada juga Sixteenagers (SMAN 16 Surabaya) yang dipimpin lebih dari 30 koordinator. Mereka semua tergabung dalam Coordinator Association of Sixteen Suporters, yang biasa disingkat Casper.

Layaknya organisasi Sekolah lainnya, Casper juga difasilitasi basecamp yang berada di ujung sekolah mereka. Di sana, setiap tahunnya diadakan open recruitment. Setelah melalui seleksi ketat, calon anggota Casper berhak mengikuti diklat sebagai tiket pemungkas menjadi koordinator baru.

SMAN 15 Surabaya

Gambesmania juga ngga mau kalah. Supporter dari SMAN 15 Surabaya tersebut juga masuk dalam salah satu supporter dengan kreatifitas tinggi.

Pasukan Gambesmania punya slogan berslogan Lego a Gannar, yang artinya “Kami Datang untuk Menang”. Keren ya DBL Lovers! Hampir setiap laga mereka tak pernah absen mendukung timnya. Berbekal loyalitas yang tinggi, Gambesmania menampilkan aksi tribun yang atraktif. Fyi, recruitment yang dilakukan Gambes serupa dengan OSIS.

Fourteenation, sebutan SMAN 14 Surabaya juga termasuk jajaran supporter yang patut diperhitungkan. Pasukan yang identic dengan warna merah tersebut pun bergerak dalam organisasi yang tertata.

Mulai dari mengumpulkan massa, menginformasi tanggal pertandingan, hingga promosi tiket, adalah bentuk kegiatan yang rutin mereka lakukan. Eits, anggotan fourteenation juga nggak memandang senioritas, lho.

Yap, itu dia, beberapa contoh supporter dengan konsep yang tertata rapih. Kuncinya adalah tertib, kreatif, dan loyal! Jadi apa supporter mu juga kayak gini DBL Lovers? (fri/nay)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments