Find anything on DBL Indonesia

Playoff Perdana Smahada

dblindonesia.com - 12 August 2018 Smahada berhasil lolos menuju babak playoff perdananya (foto: DBL Indonesia)

SURABAYA – Laga Honda DBL East Java Series 2018-North Region yang ber­langsung kemarin (6/8) mem­berikan kejutan tersendiri bagi tiap tim dan pemain­nya. Salah satunya seperti tim basket SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Pasalnya, pada kemenanangan di laga tera­khirnya membawa Smahada -julukan SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo-ke babak playoff per­dananya di Honda DBL.

Namun, bukan perkara mudah bagi Smahada untuk bisa me­menangi laga tersebut. SMAN 17 Surabaya yang mengan­tongi dua kekalahan di dua pertandingan terakhir mem­buat mereka memiliki moti­vasi lebih untuk menang agar tidak memulai musim depan dari babak penyisihan. Tak ayal, baik Smantass maupun Smahada saling adu seran­gan sejak kuarter pertama.

Meski sempat tertinggal empat poin di awal kuarter pertama, Smahada langsung bangkit dan membalikkan keadaan. Tembakan Rafi Awandika, garda Smaha­da membuat skor berbalik menjadi 6-4. Momentum ini pun membuat mereka ma­kin panas. Bahkan, mere­ka sukses melesakkan 17 poin disepanjang kuarter pertama.

Di kuarter selanjutnya, permainan Smantass just­ru mulai monoton. Bahkan delapan turnover yang mer­eka hasilkan disepanjang kuarter dua hingga kuarter empat membuat Smaha­da memperoleh momen­tum. Enam diantaranya pun sukses dikonfersikan oleh SMahada menjadi 18 poin di laga ini. M e n u r u n n y a s e p u l u h persen efisiensi field goal juga menjadi faktor mengapa Smantass tak bisa mengejar ketertinggalannya.

Puncaknya, dikuarter empat, 17 poin yang dis­arangkan Smahada mem­buat Smantass tak mampu mengejar ketertinggalann­ya. Smahada pun menutup kemenangan mereka dengan skor 48-28.

Menurut, kapten Sma­hada, Recky Jacob, mereka akan lebih meningkatkan lagi performa timnya agar langkah Smahada tak cepat terhenti. “Buat pertandin­gan selanjutnya, kita bakal lebih fokus di defense. kare­na pertandingan hari ini (kemarin,red) defense kita kurang rapi,” ujar Recky.

Di pertandingan lain, Drei -julukan SMAN 3 Sidoarjo juga memetik kemenangan di laga terakhirnya melawan SMAN 1 Surabaya. Bahkan dengan kemenangan terse­but, Drei sukses memu­puskan asa playoff SMAN 1 Surabaya. Hal ini tak lepas dari kemenangan mereka dengan skor 31-10 pada pertandingan kemarin.

Kemenangan ini tak lep­as dari teamwork solid mer­eka. Terbukti dari 8 assist yang mereka lakukan di sepanjang pertandingan. Tak hanya itu saja, 47,9 % effisiensi field goal ditambah 61,5 persen efisiensi tembakan bebas membuat Sma­hada sulit untuk dikejar.

Menurut Akhmad Fer­diansyah, pelatih Drei se­mangat serta ketajaman serangan Drei patut dia­cungi jempol. Namun, un­tuk bisa melangkah lebih jauh di babak playoff, mer­eka wajib mempertebal tem­bok pertahanan mereka. “Masuk ke babak playoff berarti kita akan bertemu lawan yang tidak bisa di­remehkan. Oleh karenan­ya, kami tidak boleh terlena dengan kemenangan hari ini (kemarin, red),” ujar coach yang akrab dipanggil Aa’ tersebut. (div/nad)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments