Find anything on DBL Indonesia

Satu Misi Untuk Rebut Juara Championship

dblindonesia.com - 24 October 2018 BIDIK CHAMPIONSHIP: Tim Basket SMAN 39 saat roadshow kemarin (23/10). Mereka menargetkan siap keluar sebagai juara pada babak Championship Honda DBL DKI Jakarta. (Epkamarsa/DBL Indonesia)

DKI JAKARTA- Belum usai euforia wilayah Selatan, Honda DBL DKI Jakarta Series 2018 – East Region siap digeber. Tepat pada 26 Oktober hingga 2 November mendatang di GOR Pulo Gadung, para pecinta basket akan dimanjakan dengan panasnya persaingan tim basket di wilayah Jakarta Timur. Pada saat Roadshow kemarin (23/10), dua sekolah yang memiliki latar belakang sejarah berbeda, berkesempatan memperkenalkan skuad terbakiknya. Adalah SMAN 39 Jakarta dan SMAN 22 Jakarta yang sama-sama memiliki misi untuk jadi nomor wahid di babak Championship Honda DBL DKI Jakarta Series 2018.

Sebagai sekolah yang baru mengikuti liga basket bergengsi se tanah air seri Jakarta, Galan (julukan SMAN 39) langsung mematok target tinggi. Tak sungkan, tim yang bermarkas di daerah Cijantung tersebut membidik juara pada babak Championship. Menurut sang kapten I Gusti Ardhika Wibawa, timnya sudah mencapai titik 100 persen dalam persiapannya.

“Pengorbanan kami sudah maksimal. Kami juga sudah ikut beberapa turnamen yang ada di Jakarta. Kami optimis bukan hanya gelar juara Jakarta Timur yang akan kami raih. Tapi trofi juara se DKI Jakarta pada babak Championship bisa kami rengkuh,” ujar pemain yang akrab disapa Ardhika tersebut.

SMAN 39 belum memiliki pengalaman di kompetisi penuh gengsi ini. Pada hasil drawing lalu, SMAN 39 berkesempatan menjajal kekuatan debutan lainnya, SMAN 59 Jakarta pada babak awal. Ardhika dkk optimis mampu melaju mulus nanti. Secara materi, skuad Galan diisi oleh pemain yang memiliki kemampuan eksepsional. Achmad Aldjufri adalah salah satu pemain yang memiliki kemampuan membaca permainan. Achmad juga salah satu pemain Porprov kepunyaan Jakarta Timur.

Selain Achmad, Galan juga memiliki Muhammad Hanif Raihan pemain yang sudah pernah merasakan kancah Internasional. Student athlete berusia 16 tahun tersebut menjadi salah satu wakil Indonesia pada pertandingan Asia-Pasific Youth Basketball di Singapura. “Kemampuan basket Achamd tak usah diragukan lagi. Ditambah kami punya pemain seperti Raihan yang memiliki kemampuan post-up yang baik Tentu itu merupakan paket komplet untuk kami,” jelas Ardhika.

Ketika ditanya lawan terberatnya, para punggawa Galan menyatakan tidak ada yang perlu ditakuti di Jakarta Timur. “Kami tidak takut melawan juara tahun lalu SMAN 22. Justru kami ingin menaklukan SMAN 71 yang memiliki materi cukup berbahaya,” ucap siswa kelas XII tersebut.

SMAN 39 sendiri tidak hanya mengirim tim putra saja. Tim putri Galan juga turut ambil bagian di Honda DBL DKI Jakarta regional Jakarta Timur. Kapten tim putri, Jhosephine Estefani Riscila menyatakan bahwa timnya sudah siap untuk berjuang di East Region nanti. “Aku mengahrapkan teman-teman bisa bermain lepas. Meski postur kami kecil, kekompakkan jadi modal utama buat kami,”pungkas siswi kelas XII tersebut.

AMBISI SANG JUARA BERTAHAN

Sementara itu, di tempat yang berbeda, SMAN 22 Jakarta juga menargetkan diri untuk mempertahankan gelar tahun lalu. Tetapi, kendala komposisi pemain menjadi salah satu pengganjal anak-anak asal Utan Kayu Selatan tersebut dalam mencapai mimpinya. “Jujur, dibandingkan tahun lalu, kekuatan tim di tahun ini agak berkurang. Namun, hal itu bukanlah sesuatu yang patut untuk dikhawatirkan,” imbuh Daffa Rizky kapten tim SMAN 22.

Daffa sendiri tidak terlalu menanggapi seandainya sekolanya bukan masuk dalam unggulan juara. “Mungkin tim lain tidak memperhitungkan kami. Tapi skill kami nanti di lapangan yang akan membungka itu semua,” pungkas pemain berposisi forward tersebut.

Lebih lanjut, Daffa sangat mengharapkan kekompakan tim sebagai modal utama punggawa Riverside (sebutan basket SMAN 22) di tahun ini, guna mempertahankan trofi Honda DBL. “Kekompakan tim kami sudah sangat terasa, itu yang harus terus dijaga. Ditambah dua pemain andalan kami Nur Fahri Fadilah dan Joshua Saut siap bergabung dengan tim,” jelas Daffa. Ujian pertama Riverside untuk mengarungi panasnya persaingan di regional Timur akan dijajal oleh SMAN 14 Jakarta pada babak awal nanti. (*)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments