Find anything on DBL Indonesia

Semifinal yang Ketat

dblindonesia.com - 4 October 2018 MELAJU. Kapten putri Smantiq, Dwiani Kaffah, melepaskan tembakan ditengah kepungan tiga pemain Smandu dalam pertandingan kemarin di GOR Flobamora.

KUPANG - Tuntas sudah babak penyisihan Honda DBL East Nusa Tenggara Series 2018, setelah dua tim putra dan dua tim putri sukses mengunci tiket ke babak semifinal yang akan dilangsungkan hari ini, Kamis (4/10) di GOR Flobamora. Dalam pertandingan Rabu (3/10) kemarin, dua tim putra yang melaju ke Semifinal adalah SMA Giovani Kupang (Givans) dan SMA Regina Pacis (Recis) Bajawa. Keduanya menyusul SMAN 3 (Smantiq) Kupang dan SMAN 1 (Smansa) Kupang yang telah lebih dulu melaju ke semifinal. Sedangkan dua tim putri yang melaju ke semifinal adalah SMA Recis Bajawa dan SMAN 3 (Smantiq) Kupang, mengikuti jejak dua tim lainnya yakni SMAN 4 (Smanpat) Kupang dan SMAN 5 (Five Squad) Kupang yang telah mengamankan tiket semifinal sejak selasa lalu.

Dalam pertandingan yang dilangsungkan di GOR Flobamora, Rabu (3/10) kemarin Putra Givans melaju ke semifinal dengan menyingkirkan juara bertahan tahun lalu, SMA Lentera Harapan dengan skor meyakinkan 16-9, sedangkan putra Recis Bajawa melaju ke semifinal usai menundukkan tim pendatang baru, SMA Frateran (Smater) Maumere dengan skor 33-14. Lolosnya Givans dan Recis Bajawa ke semifinal putra, membuat persaingan memperebutkan tiket ke final bakal seru, pasalnya empat slot di babak semifinal ini diisi tim-tim unggulan. Bahkan kans lahirnya juara baru sangat terbuka. Dari empat semifinalis putra, hanya Smantiq yang pernah tampil sebagai juara. Di semifinal nanti, Givans akan menghadapi Recis Bajawa, sedangkan Smantiq Kupang akan menghadapi Smansa Kupang.

Hal yang tidak jauh berbeda juga bakal tersaji di semifinal putri. Recis Bajawa sebagai juara bertahan, melaju ke semifinal setelah mengalahkan SMA Lentera Harapan dengan skor meyakinkan 30- 10, dan akan menghadapi tim putri Smantiq yang sukses menyingkirkan SMAN 2 (Smandu) Kupang dengan skor 23-10. Pertemuan putri Recis Bajawa dan putri Smantiq ini boleh dikatakan sebagai duel mantan juara, karena putri Smantiq pernah menjuarai ajang ini di tahun 2016. 

Semifinal putri lainnya, akan mempertemukan putri Five Squad menghadapi tim putri Smanpat Kupang. Yang juga menarik dari komposisi di semifinal ini, ada dua sekolah yang berpeluang mengawinkan gelar, asalkan mampu melewati hadangan lawan-lawannya untuk melaju ke final, yakni Smantiq Kupang dan Recis Bajawa yang sama-sama meloloskan tim putra dan putrinya.  “Yang pasti kami akan kesulitan sekali, melihat penampilan Putri Smantiq dan putra Givans yang luar biasa dan akan menjadi lawan kami di semifinal,” kata Pelatih Recis, Rudolf Wogo. “Kami akan berusaha tampil maksimal dan memberikan permainan terbaik di semifinal nanti,” imbuhnya.

Beratnya lawan yang dihadapi di semifinal juga diakui oleh pelatih Smantiq, Ganio Aries dan Abadi Putra. “Kita ketemu lawan yang bagus-bagus. Putri ketemu Recis dan putra ketemu Smansa. Atmosfirnya berat di GOR, apalagi semakin malam makin rame,” kata Ganio. Yang pasti kata Ganio, penampilan Smantiq putra dan putri tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu, dimana baru main pertama langsung tersingkir. “Semoga dapat berkah dari Tuhan dan besok (hari ini, red) dapat hadiah bisa masuk final, karena anak-anak sudah berlatih dengan tekun, walau hanya berlatih pada hari Jumat dan Sabtu,” ungkapnya. Untuk diketahui, Smantiq merupakan satu-satunya sekolah yang mampu mengawinkan gelar jura putra dan putri di ajang Honda DBL East Nusa Tenggara Series tahun 2016 lalu.

Sementara itu, pelatih Smansa Putra Lord Djaranjoera, juga memasang optimisme tinggi saat menghadapi Smantiq putra di semifinal nanti. “Pastinya ada nuansa balas dendam dari Smantiq di semifinal nanti, karena kita pernah mengalahkan mereka baru-baru ini di final turnamen basket,” kata Putra. “Kita tetap optimis, karena kita sudah pernah mengalahkan mereka, dan pasti kita bisa melakukannya lagi,” tambahnya. Pelatih Givans, Ferdinan Feoh justru tak merasa terbebani tim putranya harus menghadapi Recis Bajawa di semifinal nanti. “Kita siap, dan satu sekolah akan turun memberikan dukungan,” katanya.(rum)*

*Berita oleh Timor Express

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments