Find anything on DBL Indonesia

Senior Pusing Ujian, Junior Pusing Latihan

dblindonesia.com - 9 April 2018

It’s time for exam! Yes, buat para senior SMA, tanggal 9-12 April adalah tanggal yang sakral. Pasalnya, pada tanggal itu seluruh siswa kelas XII SMA se-Indonesia menjalani ujian nasional atau UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Nggak terkecuali para skuad Honda DBL Indonesia All-Star yang tahun ini akan ber-sayonara ria dengan sekolah mereka masing-masing.

Menghadapi hal itu, para Student-Athlete yang akan mengikuti ujian tentu udah melakukan persiapan khusus. Mulai dari menghadiri bimbel, mengerjakan latihan soal, sampai belajar sendiri.

“Aku selalu review soal-soal pra-UNBK buat mengasah kemampuan akademisku. Aku juga sering ngadain belajar kelompok sama temen-temen,” kata Ezra Mandarin, penggawa Honda DBL Indonesia All-Star 2017 dari SMA St. Aloysius Bandung yang akan menjalani UNBK tahun ini.

Hal serupa pun dilakukan Nickson Damara. Beberapa bulan terakhir ini, siswa SMA Kesuma Mataram yang jadi center di skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2017 itu menghabiskan sebagian besar waktunya untuk belajar. Maklum, dia nervous berat dengan sistem UNBK. Sebab, sistem tersebut masih terbilang baru.

“Karena ujian kali ini berbasis komputer, aku harus benar-benar memperhatikan jawabanku biar nggak salah entry. Aku belajar banyak waktu simulasi UNBK biar aku nggak ngelakuin kesalahan fatal pas ujian sebenarnya,” kata cowok kelahiran Makassar tersebut.

Ternyata nggak cuman para senior aja nih yang sedang dilanda “kepanikan”. Para junior pun mengalami hal yang sama, meski goals-nya berbeda. Jika para senior menyasar toga wisuda, nah para junior menyasar jersey team Honda DBL 2018.

“Aku latihan 5-7 kali seminggu. Aku khusus latihan untuk nyiapin tes seleksi buat masuk tim yang akan mewakili sekolahku di Honda DBL,” kata Celine Sutjiono, guard Honda DBL Indonesia All-Star tahun lalu yang mungkin akan bertanding lagi pada gelaran Honda DBL musim ini.

“Aku fokus latihan shooting sama drive buat nambah skill bermainku. Apalagi, sekarang sekolahku lagi libur karena kakak kelas unas (Ujian Nasional, red), jadi bisa manfaatin waktu  libur buat latihan basket lebih giat,” lanjut Celine yang bersekolah di SMA St. Louis 1 Surabaya.

Well, keep up your spirit guys! (irm/ash)

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments