Find anything on DBL Indonesia

Smanila dan Smanstar Juara DBL Lampung Series 2018

dblindonesia.com - 16 September 2018 DOMINASI: Tim puteri SMA 1 Natar berhasil mengukuhkan diri sebagai yang terbaik bersama Tim Putera SMA YP Unila pada ajang DBL Lampung Series 2018 yang berakhir semalam.

BANDARLAMPUNG – Tim basket putra SMA YP Unila berhasil meraih tahkta juara Honda Developemental Basketball League (DBL) Lampung Series 2018. Smanila-julukan SMA YP Unila-menyudahi perlawanan SMA Fransiskus 59-52 di GOR Saburai, Bandarlampung, kemarin (15/9).

Kemenangan ini membawa Smanila membawa pulang gelar ke enam. Sebelumnya, tim besutan Sony Ichon Ortega ini berhasil merengkuh trofi juara pada 2012, 2013, 2014, 2016 dan 2017.

Kedua tim nampak kuat meski di setiap kuarternya Smanila selalu unggul dari Fransiskus. Yakni dengan skor 13-10, 30-16, 41-31 dan 59-52. 

Di awal pertandingan, Franiskus memberikan preasure telebih dahulu dengan langsung mengeluarkan pola permainan menyerang dan sempat unggul 6-2 hingga pertengahan kuarter pertama.

Saling mengejar angka terjadi di kuarter ke empat. Tim SMA Fransiskus hampir saja merubah kedudukan dan dalam sisa waktu tiga menit. Sempat selisih satu bola yakni 49-51. Namun, preasure Smanila tidak tertahan oleh punggawa fransiskus hingga pertandingan dimenangkan Smanila.

Pelatih Tim Basket Putra Smanila, Sony Ichon Ortega mengaku puas dengan kemenangan ini sebab, hal ini merupakan jerih payahnya dalam persiapan satu tahun terakhir.

“Alhamdulillah kita menang dan kemenangan ini saya persembahkan untuk semua yang mendukung terutama pihak sekolah. Dengan ini kami menjadi raksasa DBL dengan enam kali menjuarai,” ungkapnya.

Para pemain bisa mengikuti instruksi. Meskipun masih ada beberapa kesalahan seperti konsentrasi pemain yang kurang maksimal.

“Secara umum anak-anak baik meski di awal kuarter pertama, membuat saya sedikit panic. Tapi, dengan beberapa arahan, anakanak bisa mempertahankan mental hingga akhir laga,” kata dia.

Sementara itu, kekecewaan nampak dari wajah pelatih tim basket putra Fransiskus Leni Agus Priyati. Sebab, dia menganggap para pemainnnya tiddak mampu memanfaatkan peluang secara maksimal.

Namun demikian, dia mengaku bakal ada kesempatan untuk mengalahkan Smanila. Jika tidak di DBL, pada even basket lain baik yang digelar di Lampung ataupun luar lampung. “Positifnya, kami ada pengalaman di final. Semakin mengetahui atmosfernya seperti apa. Saya yakin ke depan bisa mengalahkan Smanila,” tandasnya.

Pada kategori putri, Tim Basket Putri SMAN 1 Natar memantapkan diri sebagai juara Honda DBL Lampung Series 2018. Hal ini lantaran pada pertandingan final di GOR Saburai kemarin, tim asuhan Eko Puja Kesuma menang atas SMAN 9 Bandarlampung 58- 14.

Dengan kemenangan ini, sekaligus membuat Smanstarjulukan SMAN 1 Natar, empat kali menjadi juara di even basket terpopuler di kalangan SMA ini.

“Kita enam kali ikut DBL. Dua kali kami runner-up dan empat kali menjadi juara,” ungkap pelatih Smanstar Eko Puja Kesuma.

Dia mengaku sudah memprediksikan kemenangan ini dari awal even. Dia mengaku sudah melihat peta kekuatan lawan di kejuarankejuaraan basket diluar DBL.

”Bersyukur kita dapat menjuarai lagi. Saya berterimakasih kepada semua yang mendukung. Yang pertama adalah kepada Tuhan tentunya, kemudian kepala sekolah yang mensupport habis yakni bapak Mirzal Efendi tentunya keluarga besar Smanstar, supporter dan semuanya,” ungkapnya.

Atas kemenangan ini, dia mengaku tidakbakan berhenti mencetak bibit basket untuk berkiprah pada DBL. ”Saya sudah rencanakan regenerasi dari tahun sebelumnya. Tentunya ini hal yang sangat kita fikirkan.  Sebagai persiapan even tahun depan,” ujarnya.

Pelatih SMAN 9 Bandarlampung Yero Aritonang mengaku kekalahannya di babak final menjadi pelajaran yang sangat berharga. ”Anak-anak sudah maksimal. Cuma memang atmosfer final memang luar biasa,” ujarnya.

Dia mengaku, ini menjadi obsesinya di tahun depan untuk kembali mengikuti DBL di tahun depan. ”Mudah-mudahan diberi kesempatan. Target kuta di tahun depan mengalagkan Natar,” ujarnya (abd/wdi)*

*Berita oleh Radar Lampung

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments