Find anything on DBL Indonesia

Tips Cepat Lihai Main Basket Untuk Beginner

dblindonesia.com - 10 April 2018

Permainan basket emang kelihatan gampang. Kelihatannya kan cuman perlu lari, dribble, loncat, shoot, layup, dan hands up. Iya nggak? Tapi jangan salah! Sport is sport. Butuh banyak skill yang spesifik biar kamu nggak sekedar lari dan loncat sampai keringetan. Apalagi untuk para beginner yang mungkin masih clueless dalam memainkan basket. Nah, kali ini Winston Swenjaya mau bagi-bagi tips buat para beginner yang mau berlatih basket dengan serius nih. Simak yuk!

Belajar Basic Dribble dan Shooting

Kata Winston, hal pertama yang harus dipelajari para pemula ketika akan menekuni basket adalah belajar basic dribble dan shooting dengan benar. Dimulai dari gerakan yang paling sederhana aja dulu.

“Bisa dimulai dari dribble dan shooting dengan basic yang benar. Misal, untuk dribble, bisa mulai belajar dengan tangan kanan. Step pertama, dribble dilakukan dengan diam di tempat. Kalau sudah bagus baru bisa dikembangkan dengan berjalan, dan kalau sudah stabil, bisa sambil berlari. Setelah dirasa cukup bagus, bisa mengulang step yang sama dengan tangan kiri,” kata Winston.

Banyak Belajar dari Video Youtube

Youtube lebih dari TV, mungkin si Winston setuju banget sama istilah ini. Karena selain belajar basic dribble secara benar, Winston juga menyarankan para pemula untuk belajar dari video Youtube. Mulai dari gerakan-gerakan basic dalam basket, seperti dribble, passing, dan shooting, sampai gimana merangkai strategi yang tepat dalam basket bisa ditemui disana.

“Kalau ada waktu, bisa belajar dari Youtube. Harus dibanyakin nonton referensi video-video basket dan jangan lupa buat dipraktekkin sendiri pas lagi latihan. Dengan begitu kan permainan basketnya bisa lebih cepat berkembang,” tambah Winston.

Dengarkan Saran dari Pelatih

Satu lagi tips belajar basket buat para pemula dari Winston, adalah selalu dengarkan saran dan evaluasi dari pelatih. Karena bagi Winston, pelatih adalah orang yang paling tau tentang perkembangan dan kekurangan kita. Jadi, dengerin saran dari pelatih adalah hal wajib yang harus dilakuin sama pemain, khususnya pemula.

“Jangan pernah nyerah dan gampang merasa puas. Dan yang paling penting dengerin semua saran yang didapat, khususnya pelatih. Karena pelatih paling tau gimana perkembangan kita, jadi bener-bener harus didengerin dan dipertimbangkan,” tutup Winston.

 

*Aloysius Winston Swenjaya adalah pemain Honda DBL All Star 2015 yang pernah menjadi MVP Honda DBL Bali Series dan MVP Honda DBL Camp.

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments