Find anything on DBL Indonesia

Tulungagung Kembali ke Final

dblindonesia.com - 20 July 2011

Untuk kali pertama sejak 2005, Tulungagung mengirimkan wakilnya dalam final kompetisi basket pelajar terheboh. Tim putri SMAN 1 Boyolangu, Tulungagung, kemarin (19/7) meraih champion Honda Development Basketball League (DBL) 2011 East Java Series wilayah South. Mereka mengalahkan SMAN 2 Jember, 45-37.

Berarti, tim putri Smaboy (julukan Boyolangu) berhak ke Final East Java, yang diselenggarakan di DBL Arena Surabaya, Sabtu 23 Juli nanti. Di final, mereka akan menunggu champion wilayah North yang hari ini ditentukan di DBL Arena, antara SMA Gloria dan SMA St Louis 1 Surabaya.

Sukses semakin manis ketika tim putra SMAN 1 Kedungwaru, Tulungagung, ikut lolos ke final East Java. Tadi malam, tim Kedungwaru mengalahkan SMAN 2 Pasuruan, 53-34. Ini adalah kali kedua Kedungwaru lolos ke babak paling penting. Merekalah juara DBL 2005, waktu itu menang over time atas SMAN 1 Puri Mojokerto.

Para pendukung dari Tulungagung kemarin juga yang paling menghebohkan GOR Pertamina Universitas Brawijaya (UB) Malang, tempat diselenggarakannya Honda DBL 2011 East Java wilayah South.

Total, ada 16 bus yang mengangkut pendukung dari Tulungagung. Sebelas dari Boyolangu, enam dari Kedungwaru. Belum termasuk mobil pribadi dan kendaraan lain. Total hampir seribu orang. Sebanyak 600-an berasal dari Boyolangu.

Rombongan dari Pasuruan terdiri atas satu bus dan 20 mobil pribadi, plus beberapa bus lagi dari Jember. Total penonton final wilayah South kemarin hampir 4.000 orang. Alhasil, penonton pun harus bergantian memadati GOR Pertamina UB yang berkapasitas sekitar 2.500 orang.

’’Jumlah yang tergolong luar biasa, mengingat tidak satu pun tim dari Malang yang lolos ke final wilayah South,’’ kata Azrul Ananda, commissioner DBL.

Berhasil lolos ke Final East Java, tim putri Smaboy senang bukan kepalang. Impian mereka bermain di DBL Arena segera terwujud. ’’Kami tidak menyangka bisa meraih hasil ini. Padahal, target kami semula hanya sampai Fantastic Four (semifinal wilayah, Red),’’ ujar Andri Prasetyo, pelatih Smaboy.

Sebagai informasi, kali terakhir tim Tulungagung masuk final, DBL Arena belum dibangun.

Tim putri Smaboy mengucapkan terima kasih kepada ratusan pendukungnya. Nanti, ratusan lagi juga akan berbondong-bondong menuju DBL Arena Surabaya. ’’Hari ini (kemarin, Red) kegiatan belajar-mengajar kami liburkan supaya semua siswa bisa nonton. Kami akan membawa pendukung dengan jumlah sama ke Surabaya nanti,’’ tegas Agus Joko Santoso, guru SMAN 1 Boyolangu.

Tadi malam, diumumkan pula tiga besar Dance Competition yang berhak tampil dalam babak perebutan gelar 23 Juli nanti. Yang lolos adalah dance team SMAN 1 Boyolangu Tulungagung (melengkapi sukses tim basket), SMA Santa Maria Malang, dan SMAN 4 Malang.

Dalam babak lima besar kemarin, Scott Freshour, entertainment manager klub NBA Sacramento Kings, mulai tampil sebagai juri. Nanti, dia terus menjadi juri hingga penentuan juara Dance Competition Honda DBL 2011 East Java Series.

Final wilayah South kemarin juga diramaikan penampilan grup band Vierra. Band yang digawangi Kevin, Widy, Raka, serta Riand itu menyanyikan enam lagu di sela-sela final putri dan putra.

Rabu hari ini (20/7), final wilayah North berlangsung di Surabaya dengan bintang tamu Seventeen. Dalam final East Java nanti, hadir bintang super spesial. Dia adalah Nate Robinson, juara tiga kali NBA Slam Dunk Contest yang kini membela Oklahoma City Thunder. (has)

Story Provided by Jawa Pos

Administrator

SHARE THIS

TITLE PARTNER

OFFICIAL PARTNERS

OFFICIAL SUPPLIERS

MEDIA PARTNERS

SUPPORTED BY

Please to post comment

0 Comments